Madiun. Di aula Kantor Pusat BMD Syariah, saat dilaksanakannya acara pembukaan praktikum perekonomian syariah. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dari Kampus STAINU Madiun dan Kampus INSURI Ponorogo, yang akan menjalani praktikum di berbagai kantor cabang BMD Syariah. Bagi Kampus STAINU Madiun, ini merupakan kali kedua mereka melakukan praktikum di BMD Syariah.

Dalam acara pembukaan yang diadakan dengan penuh khidmat, para mahasiswa disambut oleh Bapak Gunarto, selaku Kepala Divisi Simpan Pinjam dan Wakil dari BMD Syariah, serta dosen pembimbing mereka. Para dosen yang berpengalaman dalam bidang ekonomi syariah ini akan memberikan panduan dan bimbingan kepada mahasiswa selama masa praktikum mereka.

Tata tertib praktikum dan penempatan mahasiswa dijelaskan secara detail oleh Bapak Ajiz Setiawan, yang merupakan salah satu penanggung jawab mahasiswa praktikum BMD Syariah. Beliau memberikan arahan tentang aturan-aturan yang harus diikuti selama praktikum serta penempatan mahasiswa dikantor cabang BMD Syariah.

Pembukaan praktikum ini juga menjadi momentum berharga untuk mendiskusikan berbagai aspek pembelajaran terkait perekonomian syariah. Para pembicara dan ahli ekonomi syariah membahas topik-topik menarik, termasuk prinsip-prinsip ekonomi syariah, sistem Keuangan syariah, investasi berbasis syariah, dan lain sebagainya. Diskusi mendalam ini diharapkan akan mempersiapkan para mahasiswa dengan pengetahuan yang kokoh sebelum mereka mulai menjalani praktikum di lapangan.

Praktikum ini direncanakan akan berlangsung mulai dari tanggal 04 September 2023 hingga 05 Oktober 2023. Setiap mahasiswa akan ditempatkan di berbagai kantor cabang BMD Syariah untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam menerapkan konsep-konsep ekonomi syariah yang telah dipelajari selama perkuliahan.

Bapak Gunarto, Kepala Divisi Simpan Pinjam BMD Syariah, menyampaikan harapannya terhadap keberhasilan praktikum ini, “Kami berharap bahwa melalui praktikum ini, para mahasiswa dapat mengalami langsung bagaimana penerapan ekonomi syariah dalam dunia nyata. Kami juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dan pengalaman berharga kepada mereka selama masa praktikum.”

Acara pembukaan praktikum perekonomian syariah di BMD Syariah ini menandai langkah awal para mahasiswa dalam menggali lebih dalam tentang penerapan prinsip-prinsip ekonomi syariah di dunia Keuangan. Semoga melalui praktikum ini, mereka dapat menjadi agen perubahan positif dalam memajukan industri keuangan berbasis syariah di Indonesia.